Manfaat Bersepeda Bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat Bersepeda Bagi Kesehatan Tubuh

Barricadaonline –┬áSelain digunakan sebagai transportasi, bersepeda juga menjadi salah satu kegiatan olahraga. Bersepeda memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, terutama untuk kesehatan jantung. Selain itu, bersepeda juga mengurangi risiko terjadinya kecelakaan dibandingkan dengan bersepeda motor. Menurut statistik dari Satpol PP, sepeda motor masih menempati rangking tertinggi jenis kendaraan yang sering mengalami kecelakaan hingga Februari 2020. Meski demikian, tidak jarang pengguna sepeda menjadi korban tabrakan lalu lintas karena tidak memiliki jalur yang aman untuk mengendarai sepeda. Bersepeda merupakan sarana transportasi yang ramah lingkungan karena tidak menimbulkan polusi bahkan menyehatkan tubuh Anda.

Berikut manfaat kesehatan dari bersepeda:

Pengendalian berat badan

Membiasakan diri dengan sepeda, terutama pada intensitas tinggi, membantu mengurangi kadar lemak tubuh, yang mendorong pengendalian berat badan yang sehat. Selain itu, bersepeda akan meningkatkan metabolisme dan membangun massa otot yang memungkinkan Anda membakar lebih banyak kalori, bahkan saat istirahat.

Tingkatkan kekuatan kaki

Bersepeda meningkatkan fungsi keseluruhan di tubuh bagian bawah dan memperkuat otot-otot kaki Anda tanpa terlalu membebani mereka. Terutama paha depan, glutet, paha belakang, dan betis Anda. Untuk menjaga kaki Anda lebih kencang, coba angkat beban seperti squat, leg press, dan lunge beberapa kali seminggu untuk lebih meningkatkan performa bersepeda Anda.

Bagus untuk pemula

Bersepeda cukup mudah. Jika Anda mengalami masalah dengan sepeda standar, sepeda statis adalah alternatif yang sangat baik. Jika Anda baru saja mulai berolahraga atau baru pulih dari cedera atau penyakit, Anda dapat mengemudi dengan intensitas rendah. Setelah Anda menjadi bugar, Anda dapat meningkatkan intensitas atau melanjutkan siklus dengan frekuensi yang lebih sering.

Latihan otot dasar

Bersepeda juga bekerja dengan otot inti Anda, termasuk otot punggung dan perut. Menjaga badan agar tetap tegak dan sepeda pada posisi yang benar membutuhkan kekuatan inti. Otot perut dan punggung yang kuat menopang tulang belakang Anda, meningkatkan stabilitas, dan meningkatkan kenyamanan berkendara.

Tingkatkan kesehatan mental

Bersepeda dapat meredakan perasaan stres, depresi, atau kecemasan. Berfokus pada jalur bersepeda membantu mengembangkan konsentrasi dan kesadaran saat ini. Ini dapat membantu Anda mengalihkan fokus dari masalah sehari-hari yang Anda hadapi. Jika Anda merasa lesu, bersepedalah setidaknya selama 10 menit. Bersepeda dapat melepaskan endorfin, yang pada akhirnya akan membantu Anda merasa lebih baik sekaligus mengurangi tingkat stres. Begitu bersepeda menjadi bagian rutin hidup Anda, Anda bisa merasa lebih percaya diri dan lebih bahagia.

Dapat membantu pasien kanker

Bersepeda adalah tambahan yang bagus untuk rencana perawatan Anda jika Anda menderita atau sedang dalam pemulihan dari kanker. Bersepeda juga bisa membuat Anda tetap langsing dan bugar. Bersepeda dapat mengurangi risiko beberapa jenis kanker, termasuk kanker payudara. Menurut penelitian dari 2019, bersepeda dapat tetap aktif jika Anda menderita kanker payudara, mengurangi efek samping pengobatan kanker, termasuk kelelahan, dan meningkatkan kualitas hidup Anda secara keseluruhan.

Awal yang positif untuk pagi hari

Mulailah hari Anda dengan aktivitas sehat seperti bersepeda. Kegiatan ini dapat meningkatkan sirkulasi dan memungkinkan Anda memulai hari dengan rasa pencapaian. Seiring berjalannya hari, Anda mungkin lebih cenderung membuat keputusan yang sehat dan positif. Siklus intensitas rendah dapat membakar lemak, meningkatkan kinerja daya tahan, dan meningkatkan energi serta tingkat metabolisme sepanjang hari. Sebuah studi tahun 2019 menemukan bahwa orang yang telah berolahraga selama 6 minggu sebelum sarapan meningkatkan respons insulin mereka. Ini membantu mereka membakar lemak dua kali lebih banyak daripada mereka yang berolahraga setelah sarapan. Dan jangan lupa bikin jersey sepeda.

Pencegahan dan penanganan kondisi kesehatan

Apakah Anda ingin mencegah masalah kesehatan atau mengelola kondisi saat ini? Olahraga teratur adalah kuncinya. Bersepeda secara teratur merupakan salah satu cara untuk menghindari pola hidup tidak teratur dan gangguan kesehatan yang menyertainya. Ini dapat membantu mencegah masalah jantung seperti stroke, serangan jantung, dan tekanan darah tinggi. Bersepeda juga dapat membantu mencegah dan mengobati diabetes tipe 2.

Ramah lingkungan

Kurangi jejak karbon Anda dengan bersepeda jika memungkinkan. Bersepeda adalah alternatif transportasi yang bagus, yang terdiri dari kemacetan lalu lintas jangka panjang. Ini sangat berguna ketika Anda pergi ke tempat yang agak jauh untuk mengayuh, tetapi Anda tetap tidak ingin mengendarai mobil dan sejenisnya.

Meningkatkan keseimbangan, postur dan koordinasi

Saat Anda menstabilkan dan menahan sepeda dalam posisi tegak, keseimbangan, koordinasi, dan postur tubuh Anda secara keseluruhan akan meningkat. Keseimbangan cenderung menurun seiring bertambahnya usia dan ketidakaktifan, jadi penting untuk tetap berada di atasnya.

Cocok untuk penderita masalah persendian

Bersepeda itu mudah bagi tubuh Anda. Kegiatan ini merupakan pilihan yang baik bagi orang yang menginginkan olahraga intens tanpa membuat persendian menjadi tegang. Bersepeda adalah pilihan yang bagus untuk orang yang memiliki masalah persendian atau kekakuan umum, terutama pada tubuh bagian bawah.