Jenis Tanaman Kaktus Hias yang Dapat Ditanam di Rumah

Jenis Tanaman Kaktus Hias yang Dapat Ditanam di Rumah

Barricadaonline – Apakah Papan Bunga Makassar mengklasifikasikan kaktus sebagai tanaman berduri yang hanya bisa tumbuh di gurun? Jika iya, maka selama ini Anda melewatkan kesempatan untuk mendekorasi rumah Anda dengan berbagai tanaman hias kaktus. Padahal, kaktus bisa ditanam di rumah karena bentuknya yang unik dan bunganya yang cantik. Bahkan ada banyak jenis kaktus yang bisa dijadikan sebagai tambahan dekoratif pada ruang tamu. Salah satunya adalah kaktus pincushion. Saat bunganya mekar, akan ada bunga yang tidak kalah indahnya dengan tanaman hias lainnya.

Selain itu, perawatan kaktus tidak sulit karena tidak perlu sering disiram. Kaktus menyukai sinar matahari langsung dan tanah yang keras. Kaktus pada dasarnya adalah tanaman liar. Bahkan, jenis kaktus liar juga terlihat bagus.

Untuk menanam kaktus di rumah, Anda memerlukan metode pemotongan. Kaktus biasanya berkembang biak secara vegetatif. Jenis kaktus besar seperti bonsai dan tanaman pot bisa ditanam.

Berikut beberapa jenis kaktus yang bisa dijadikan hiasan untuk ruangan Anda:

Kaktus di bantal. Kaktus jenis ini memiliki duri yang halus, bentuknya menyerupai bantalan peniti. Kaktus jenis ini tumbuh berkelompok dan tidak memerlukan perawatan khusus.

Kaktus ekor berang-berang berukuran sedang hingga kecil, tumbuh sekitar dua kaki dan memiliki bunga berwarna-warni seperti merah muda.

Bola kaktus. Kaktus jenis ini cukup menarik karena memiliki bola yang bulat sempurna dan berduri. Tanaman ini tumbuh berkelompok, sehingga sangat cocok digunakan sebagai tanaman hias. Kaktus bola tidak menyukai sinar matahari langsung, sehingga harus ditempatkan di tempat yang teduh.

Kaktus landak pelangi. Kaktus jenis ini sangat cocok sebagai tanaman hias karena bunganya yang berwarna cerah. Kaktus ini tumbuh bergerombol berbentuk lonjong dengan bunga di kepala.

Kastil Peri atau Cereus Tetragonus. Kaktus jenis ini menyerupai kastil sebuah kastil di negeri dongeng, ada yang bisa tumbuh besar dan ada juga yang kecil. Tanaman ini cocok untuk ditanam di pagar tanaman tetapi juga bisa ditanam di dalam pot.

Kaktus Zebra Haworthia. Jenis ini mungkin paling cocok sebagai tanaman kaktus dalam ruangan karena dapat bertahan dalam kondisi cahaya rendah. Selain itu, ia memiliki tampilan unik yang menyerupai cetakan zebra pada daunnya.

Kaktus Cereus Peruvianus adalah jenis kaktus yang langka. Namun, spesies ini tumbuh dengan cepat dan berbunga tanpa banyak perawatan.

Kaktus saguaro raksasa. Seperti namanya, kaktus jenis ini sangat tinggi, cabang-cabangnya seperti lengan yang terentang. Kaktus ini terkadang ditempatkan di sudut karena ukurannya.

Kaktus Gymnocalycium adalah jenis kaktus yang memiliki bunga yang indah. Kaktus ini bisa ditanam di pot kecil dan ditempatkan di dalam ruangan.

Kaktus Echinopsis Chamaecereus. Kaktus jenis ini membentuk gugusan bunga. Tumbuh dengan spiral yang sangat mirip dengan ular.

Referensi: Florist Makassar