Faktor Penentu Harga Dari Container Bekas

Faktor Penentu Harga Dari Container Bekas

Barricadaonline – Secara umum, semakin baru sebuah container akan semakin mahal harganya. Artinya, harga kontainer bekas tidak akan semahal kontainer baru. Faktanya, harga tetap untuk kontainer bekas bisa hampir setengah harga untuk kontainer baru. Namun, ada sejumlah faktor penting lain yang memengaruhi harga kontainer bekas secara keseluruhan. Oleh karena itu, tidak cukup hanya memperhitungkan faktor bekas atau terkini untuk menentukan perkiraan harga yang lebih akurat saat membeli wadah bekas, baik untuk rumah, kafe, atau bangunan lain. Jika iya, apa saja faktor kunci yang menentukan harga container bekas yang perlu Anda ketahui dan pertimbangkan? Untuk penjelasan yang lebih lengkap, simak review berikut ini dan selamat membaca!

1. Kondisi dan Usia Container

Karena teman – teman akan membeli container bekas, maka tidak heran jika teman – teman menginginkan container dengan kerusakan minimal. Untuk kebutuhan ini, wadah sekali pakai, atau wadah yang hanya digunakan satu kali, adalah pilihan yang ideal. Biasanya peti kemas jenis ini diproduksi dan dikirim dari negara-negara di Asia, dimana peti kemas akan mengangkut kargo pertama dan terakhir. Dan seperti yang disebutkan sebelumnya, semakin baru containernya, semakin tinggi harganya. Oleh karena itu, kontainer satu arah mungkin yang paling mahal di antara kontainer bekas lainnya. Hal ini disebabkan umur pemakaian sebagai container pengiriman yang lebih pendek, sehingga resiko kerusakan akibat pemakaiannya juga jauh lebih kecil. Namun, jika teman – teman ingin membeli container karena faktor biaya, Anda perlu memastikan bahwa papan lantai, karat dan penyoknya bagus dan seberapa mudah Anda bisa membuka dan menutup pintu container.

2. Ukuran Container

Ada dua jenis container yang dapat teman – teman temukan berdasarkan tingginya: container standar dan kubus tinggi. Untuk container standar tingginya biasanya 8 kaki dan untuk container kubus tinggi tingginya hingga 9 kaki. Sedangkan untuk panjang container ada dua jenis yang biasa digunakan untuk container, yaitu container 20 foot dan 40 foot. Semakin lama dan panjang containernya, secara alami harganya akan semakin mahal. Bahkan untuk dua kontainer dengan panjang yang sama – katakanlah 20 kaki – perbedaan ketinggian juga dapat mempengaruhi harga.

3. Biaya Antar atau Pengiriman Container

Tak perlu dikatakan bahwa biaya ini jelas merupakan faktor penting yang perlu Anda pertimbangkan dan mempengaruhi harga akhir dari wadah bekas yang ingin Anda beli. Belum lagi, masih ada biaya seperti biaya pengajuan izin, dan lain sebagainya. Semakin jauh lokasi Anda dari penjual, maka semakin mahal ongkos kirimnya, sehingga container bekas akhir tentunya juga akan semakin mahal. Dan tak jarang, kenaikan ongkos kirim bisa melebihi harga container bekas yang Anda cari, padahal harga container tersebut paling murah. Oleh karena itu, saat membeli container bekas, selalu tanyakan kepada penjual berapa biaya lain yang harus Anda bayarkan sejak awal. Misalnya, apakah ongkos kirim sudah termasuk dalam harga peti kemas? Jika tidak, berapa biayanya?

4. Faktor Penjualan

Setelah memutuskan container seperti apa yang ingin teman – teman beli, teman – teman juga harus memutuskan container mana yang akan teman – teman beli, bukan? Apakah dari reseller yang pasti akan membebankan harga lebih tinggi sebagai bagian dari keuntungan mereka? Atau apakah teman – teman akan membeli kontainer langsung dari pemasok utama? Tentunya hal ini menentukan harga container bekas yang akan teman – teman beli nantinya.

Nah teman – teman itulah beberapa faktor penentu harga dari container bekas. Bagi teman – teman yang ingin membangun sebuah kantor container, container rumah sederhana, maka container bekas juga bisa dijadikan pilihan namun harus tetap memperhatikan kelayakannya ya teman – teman. Terimakasi telah membaca dan semoga bermanfaat!